JURUSAN
EKONOMI & BISNIS ISLAM


Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah

Terbit dua kali setahun (bulan Juni dan Desember) berisi tulisan ilmiah tentang pemikiran Ekonomi Islam dan Perbankan Syariah dalam bentuk gagasan konseptual, kajian kepustakaan, tulisan praktis, dan hasil penelitian

Print ISSN : 2354-7057
Online ISSN : 2442-3076


Agenda

Feb16

Studium General Semester Genap 2016/2017

09.00 - 12.00 WIB

Auditorium STAIN Pamekasan

Agu24

Studium General Semester Gasal 2016/2017

09.00 - 11.30 WIB

Auditorium STAIN Pamekasan

  • Be Coming Personal Magnet

  • Pelatihan Teknikal dan Fundamental Bersama Bursa Efek Indonesia

  • STUDIUM GENERAL SEMESTER GENAP 2016/2017 JURUSAN EKONOMI DAN BISNIS ISLAM STAIN PAMEKASAN

  • Expos Hasil Penelitian Internasional Indonesia - Malaysia

Studium General Semester Gasal

Selasa, 30 Agustus 2016

Era global mengharuskan masyarakat berperilaku efektif dan efisien dalam setiap sektor kehidupan yang dijalaninya, termasuk di sektor ekonomi. Transaksi keuangan dengan melibatkan perbankan dan lembaga keuangan menjadi sebuah kemestian. Persaingan usaha menuntut adanya keterlibatan lembaga intermediasi keuangan dalam setiap hal baik sisi permodalan, pendistribusian, maupun pembelanjaan. Paska diterbitkannya undang-undang no. 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah, lembaga keuangan syariah seolah menjadi tren positif yang sedikit banyak menggeser peran perbankan konvensional, hal ini tampak dari banyaknya perbankan konvensional yang melakukan ekspansi ke industry keuangan syariah baik dengan membuka Unit Usaha Syariah maupun dengan mendirikan Bank Umum Syariah, baik melalui proses spin off UUS maupun melalui proses merger atau akuisisi.


Tren yang berlaku pada Lembaga Keuangan Syariah ini semakin menunjukkan perkembangannya pada sepuluh tahun terakhir sehingga memunculkan konsekuensi adanya kebutuhan akan sumber daya manusia yang berkompeten di bidang ekonomi syariah pada umumnya dan perbankan syariah khususnya. Peluang inilah yang ditangkap oleh Lembaga pendidikan tinggi dengan membuka program studi perbankan syariah. Namun, benarkah keberadaan program studi perbankan syariah yang digelar oleh perguruan tinggi pada umumnya dan STAIN Pamekasan khususnya sudah sesuatu dengan kebutuhan dan efektif menggiring civitas akademikanya untuk memanfaatkan peluang yang ada? Bagaimana dengan tantangan yang akan dihadapi oleh para civitas akademika dengan konsentrasi perbankan syariah, terutama bagi para alumninya? Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam berupaya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas dengan menggelar Studium general semester gasal 2016/2017 bertema “Prospek Mahasiswa Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam dalam Tren Lembaga Keuangan Syariah: Antara Peluang dan Tantangan”


Acara yang digelar pada hari rabu, 24 Agustus 2016 mulai pukul 09.00 wib di auditorium STAIN Pamekasan ini menghadirkan Eric Kurniawan, SE., MM. selaku Pimpinan BRI Syariah Pamekasan sebagai pembicara. Hal ini tak lepas dari prestasi dan pengalaman narasumber di bidang Lembaga Keuangan Syariah –khususnya Perbankan Syariah— baik sebagai praktisi, trainer, maupun akademisi. Pada pelaksanaannya, acara studium general dibuka oleh Dr. Atiqullah, M.Pd. selaku Wakil Ketua III STAIN Pamekasan, yang dalam sambutannya menyampaikan tentang urgensi peran lembaga keuangan dalam struktur kehidupan sosial ekonomi masyarakat dan harapan akan perkembangan positif industry keuangan syariah melalui keterlibatan mahasiswa dan alumni jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam STAIN Pamekasan.


Materi yang disampaikan oleh nara sumber dapat dipetakan menjadi 3 hal: dimulai dengan uraian tentang peluang yang menanti mahasiswa berdasarkan data pertumbuhan bank syariah di Indonesia dan kebutuhan akan sumber daya insani yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan bank syariah yang ada, dilanjutkan dengan uraian tentang tantangan yang akan dihadapi berkenaan dengan persaingan kerja antar sesama pegiat ekonomi syariah baik persaingan antara alumni perguruan tinggi yang semakin banyak terlahir karena hampir semua perguruan tinggi mengikuti tren pembukaan konsentrasi studi keuangan syariah maupun persaingan antara individu pencari kerja karena dalam proses rekrutmen sdm perbankan syariah tidak ada syarat linearitas studi, dan diakhiri dengan paparan tentang kita yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk memanfaatkan peluang dan menghadapi tantangan yang menanti.


Acara yang dihadiri lebih dari seribu dua ratus mahasiswa Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam ini berjalan lancar, bahkan bisa dikatakan meriah. Hal ini tidak lepas dari peran narasumber yang menyampaikan materi dengan sangat atraktif dan interaktif sehingga sehingga mahasiswa yang hadir antusias dan semangat mengikuti tahapan demi tahapan materi yang disampaikan, termasuk pada sesi tanya jawab yang dipandu oleh Lely Shofa Imama, MSI. sebagai moderator.


Harapan terbesar yang disematkan pada pelaksanaan acara ini, studium general bukan sekedar formalitas pembuka perkuliahan semester, akan tetapi sarana untuk menggugah semangat mahasiswa untuk menjalani konsekuensi logis dari pilihan konsentrasi akademik yang dipilihnya. Melalui studium general ini, segenap civitas akademika STAIN Pamekasan khususnya mahasiswa Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam ditargetkan memiliki kesiapan akademis, mental, dan psikis dalam memanfaatkan peluang dan menghadapi tantangan yang akan mereka hadapi melalui upaya memunculkan kualitas diri yang dimilikinya agar menjadi distingsi/ pembeda sebagai alumni jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam dalam menghadapi persaingan dunia kerja yang akan dijalaninya. (Pen: Lely.)

Hasil polling sementara

Terimakasih atas partisipasi Anda untuk mengikuti polling kami bulan ini. Tunggu polling-polling selanjutnya di website kami.

Bagaimana penapat anda tentang web jurusan ekonomi dan bisnis yang baru?

Sangat Baik
46.9 %
Baik
18.8 %
Cukup
9.4 %
Kurang
25.0 %
Link Terkait
Statistik Pengunjung
Online : 1 User
Total Hits : 23100 Hits
Hari Ini : 15
Kemarin : 17
Bulan Ini : 684
Tahun Ini : 11395
Total : 22513