JURUSAN
EKONOMI & BISNIS ISLAM


Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah

Terbit dua kali setahun (bulan Juni dan Desember) berisi tulisan ilmiah tentang pemikiran Ekonomi Islam dan Perbankan Syariah dalam bentuk gagasan konseptual, kajian kepustakaan, tulisan praktis, dan hasil penelitian

Print ISSN : 2354-7057
Online ISSN : 2442-3076


Agenda

Feb16

Studium General Semester Genap 2016/2017

09.00 - 12.00 WIB

Auditorium STAIN Pamekasan

Agu24

Studium General Semester Gasal 2016/2017

09.00 - 11.30 WIB

Auditorium STAIN Pamekasan

  • Be Coming Personal Magnet

  • Pelatihan Teknikal dan Fundamental Bersama Bursa Efek Indonesia

  • STUDIUM GENERAL SEMESTER GENAP 2016/2017 JURUSAN EKONOMI DAN BISNIS ISLAM STAIN PAMEKASAN

  • Expos Hasil Penelitian Internasional Indonesia - Malaysia

Studium General Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Islam

Selasa, 30 Agustus 2016

Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang efektif sejak awal 2016 menuntut masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitasnya di segala bidang, termasuk di bidang pendidikan dan ekonomi. Ini merupakan tantangan bagi Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam STAIN Pamekasan untuk dapat mencetak generasi siap pakai dalam kancah sosial, ekonomi dan kemasyarakatan. Berdasarkan hal itu, sebagai wujud responsibilitasnya, maka seminar umum yang menjadi pembuka perkuliahan semester genap 2015-2016 mengambil tema “Penguatan Ekonomi Kreatif dalam Menghadapi MEA bersama owner Batik Shoraya”


Acara yang digelar pada hari senin, 22 februari 2016 mulai pukul 13.30 wib di auditorium STAIN Pamekasan ini menghadirkan Dra. Surayyah, owner Shoraya Batik Pamekasan, sebagai pembicara. Hal ini tak lepas dari prestasi dan pengalaman narasumber di bidang ekonomi kreatif, yaitu design batik kontemporer.


Pada pelaksanaannya, acara studium general dibuka oleh Mulyadi, M.Ag. selaku Wakil Ketua I STAIN Pamekasan, yang dalam sambutannya menyampaikan tentang tahapan perekonomian di Indonesia yang dimulai dengan tahap ekonomi pembangunan, ekonomi industry, dan ekonomi kreatif. ekonomi kreatif bisa dimaknai sebagai upaya dalam memadukan dan mengintensifkan antara ekonomi informasi dengan kreatifitas berbekal sumber daya manusia. Termasuk di dalamnya kreatifitas di bidang design.


Acara yang dihadiri sekitar seribu mahasiswa Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam ini berjalan lancar, bahkan bisa dikatakan meriah. Hal ini tidak lepas dari peran narasumber yang menyampaikan materi dengan sangat atraktif dan interaktif sehingga sehingga mahasiswa yang hadir antusias dan semangat mengikuti tahapan demi tahapan materi yang disampaikan, termasuk pada sesi tanya jawab yang dipandu oleh Dr. Sri Handayani, MM. sebagai moderator.


Harapan terbesar yang disematkan pada pelaksanaan acara ini, studium general bukan sekedar formatilas pembuka perkuliahan semester, akan tetapi sarana untuk menggugah jiwa entrepreneurship mahasiswa melalui peningkatan wawasa ekonomi kreatif di Madura. Melalui stadium general ini, segenap civitas akademika STAIN Pamekasan khususnya mahasiswa Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam ditargetkan memiliki semangat berwirausaha yang tercermin pada kemampuan mengambil keputusan, keberanian memulai usaha, konsisten mengoptimalkan sumber daya yang ada pada diri dan lingkungannya, serta kepedulian menggali potensi budaya lokal Madura. (Pen: Lely Shofa Imama, MSI.)

Hasil polling sementara

Terimakasih atas partisipasi Anda untuk mengikuti polling kami bulan ini. Tunggu polling-polling selanjutnya di website kami.

Bagaimana penapat anda tentang web jurusan ekonomi dan bisnis yang baru?

Sangat Baik
46.9 %
Baik
18.8 %
Cukup
9.4 %
Kurang
25.0 %
Link Terkait
Statistik Pengunjung
Online : 1 User
Total Hits : 23114 Hits
Hari Ini : 29
Kemarin : 17
Bulan Ini : 698
Tahun Ini : 11409
Total : 22527